Warga Desa Pelantai Berharap Kapolda Riau M Iqbal Usut Tuntas Hilangnya Tiga ABK KM Raffa Sebelum Tinggalkan Riau



Pekanbaru-Ameranews.com,Warga Desa Pelantai, Kabupaten Kepulauan Meranti, berharap Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal mengusut tuntas hilangnya tiga ABK KM Raffa Sahira, yang hilang secara misterius sejak empat tahun lalu, sebelum Kapolda M Iqbal mengakhiri masa jabatannya di Provinsi Riau.

Harapan ini disampaikan ratusan warga Desa Pelantai, yang diwakilkan Kepala Desa Pelantai, Khairi Antoni, kepada wartawan, Senin 15 Juli 2024. "Dari tiga AbK.KM Raffa yang hilang tersebut, dua di antaranya warga Desa Pelantai dan satu lagi warga Inhil. Jadi warga sangat berharap betul kepada Bapak Kapolda Riau, M Iqbal, untuk memberi atensi khusus dan memberi titik terang terhadap hilangnya tiga ABK KM Raffa yang telah dilaporkan sejak tahun 2020 lalu," ujarnya.

Dikatakannya, hingga saat ini masih ada kejanggalan dalam pengusutan hilangnya tiga ABK KM Raffa Sahira, atas nama Azni, Sudirman Efendi dan Arifin. Yakni, hingga saat ini Asiong, pemilik kelapa yang diangkut KM Raffa Sahira, serta yang menyatakan menemukan Nakhoda KM Raffa Sahira, atas nama M Akil alias Likek, dalam kondisi hidup dan mengapung di laut, belum pernah diperiksa oleh kepolisian.

Selain itu, Nakhoda Kapal, M Akil alias Likek juga tidak diajukan secara hukum ke pengadilan untuk mempertanggungjawabkan  hilangnya tiga ABK KM Raffa Sahira yang dinakhodainya.

"Melihat kejanggalan-kejanggalan ini, kami warga Desa Pelantai sangat berharap Kapolda Riau, M.Iqbal dapat mengusut tuntas kasus ini sampai ada titik terang keberadaan tiga ABK yang hilang dan orang yang bertamggungjawab dalam peristiwa tersebut. Kasihan istri dan anak-anak tiga ABK yang hilang tersebut, hingga saat ini masih mempertanyakan kejelasan Ayahnya yang hilang," ujar Khairi.

Disebutkan hilangnya tiga ABK KM Raffa Sahira ini pada 5 Desember 2020 lalu. KM Raffa Sahira dinakhodai M Akil alias Likek dengan tiga ABK berlayar dari Sei Lokan, Provinsi Jambi, menuju Sei Guntung, Kabupaten Inhil, Provinsi Riau. KM Raffa saat itu disebut membawa kelapa.

Namun sejak saat itu, kapal tidak pernah berlayar di Guntung, dan tiga ABK juga dinyatakan hilang. Sementara M Akil disebut ditemukan di tengah laut.***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak