Bappeda Rohul Musyawarah RPJPD Tahun 2025-2045


Rokan Hulu-Ameranews.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan hulu melalui badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) kabupaten Rokan hulu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) rokan Hulu tahun 2025-2045, yang bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Rohul, Senin (15/07/2024).

Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman buka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD).

Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H. Indra Gunawan, wakil ketua DPRD provinsi Riau, Syafaruddin Poti SH, anggota DPRD Rohul H. Sumiartini, Sekda Rohul, Muhammad Zaki SSTP M.Si, Kapolres Rohul, AKBP Budi Setiyono SIK, Pabung Rohul, Mayor Inf Andre Suardi S.Sos, Kajari Rohul, Fajar Haryowimbuko MH, Kalapas Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu, Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemerintah, hingga seluruh unsur dan komponen masyarakat Rokan Hulu lainnya.

Bupati Rohul H. Sukiman menyampaikan Musrenbang RPJPD merupakan rangkaian tahapan yang harus dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan jangka panjang, sebelum perumusan rancangan akhir RPJPD di tahun 2024 ini.

Dijelaskan Sukiman lagi Dalam proses penyusunan rancangan RPJPD terlebih dahulu dibahas bersama dengan seluruh pemangku kepentingan melalui Musrenbang untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan yang selanjutnya dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan akan ditandatangani oleh semua perwakilan yang hadir.

" Musrenbang ini juga merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder di Kabupaten Rokan Hulu untuk mewujudkan rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Rokan Hulu tahun 2025 – 2045 yang diselaraskan dengan rencana pembangunan jangka panjang Nasional dan RPJPD Provinsi Riau," tuturnya.

Disebutkannya dari periode lima tahunan atau RPJMD menunjukkan hasil yang memuaskan karena dari empat periode lima tahunan, Rokan Hulu memperoleh satu berpredikat sangat tinggi pada tahun 2006 – 2011 dan 3 periode berpredikat tinggi pada tahun 2011-2016, 2016- 2021 dan 2021-2023.

Kaban Bappeda Rohul Drs.H. Yusmar, M.Si mengatakan di tahun 2025-2045 akan difokuskan kepada permasahalan yang umum terjadi seperti peningkatan kualitas SDM serta peningkatan layanan bidang Kesehatan dan Pendidikan, pengembangan ekonomi produktif berbasis potensi daerah, peningkatan kualitas Infrastruktur yang sesuai dengan tata ruang, peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang harmonis dan kondusif dan untuk yang Visioner mengikuti zaman saat ini adalah peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis elektronik.

" RPJPD dan merupakan rencana yang akan dilakulan Kabupaten Rohul 2025-2045, dimana sangat dibutuhkan eksekusi yang harus dengan perhitungan dan rencana, dibutuhkan kepemimpinan yang cerdas dalam prioritaskan kebijakan, dan harus pandai mencari solusi dalam permasalahan yang tak terduga" Tutup Yusmar.(*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak