Tekan Angka Stunting, Babinsa 03/Senapelan Dampingi Kader Posyandu Memonitor Anak Stunting


Pekanbaru-Ameranews.com, Babinsa Kel. Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, Koramil 03/Senapelan, Kodim 0301/ Pekanbaru, Kopda Edo Bayu S., bersama ibu kader Posyandu Kec. Payung Sekaki, pada hari Selasa 30 April 2024,memonitor Anak Stunting di Jl. Jendral, Gg Sekolah, RT006 RW012,Kel. Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

Kopda Edo Bayu menjelaskan, "Stunting adalah masalah yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama, yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan anak sehingga tinggi badan mereka lebih rendah dari standar usia atau dalam bahasa Jawa sering disebut sebagai 'kuntet'. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan stunting adalah kurangnya gizi pada balita, serta pola asuh yang dipahami oleh orang tua dalam menjaga kesehatan dan gizi dalam keluarga."

Kegiatan Posyandu dalam pencegahan stunting memiliki peran penting, karena stunting dapat berdampak pada tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan mereka saat dewasa.

Pelaksanaan kegiatan Posyandu dimulai dengan pemeriksaan kesehatan balita, termasuk penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, dan kepala, serta pemberian makanan tambahan.

Di tempat yang berbeda, Danramil 03/Senapelan, Kapten Arh Hardi mengungkapkan, "Peran aktif Babinsa di wilayah selalu akan bekerja sama dengan petugas Puskesmas, Bidan Desa, dan para Kader Posyandu di wilayahnya. Ini adalah bentuk kepedulian terhadap kesehatan serta upaya mencegah stunting dan menciptakan balita yang sehat, yang akan menjadi penerus bangsa yang berkualitas."ungkap Danramil.

Kopda Edo Bayu menambahkan, "Kami berharap kepada masyarakat dan para orang tua yang memiliki balita untuk rutin mengikuti pemeriksaan kesehatan secara berkala di Posyandu. Hal ini akan membantu memantau pertumbuhan dan kesehatan balita sehingga mereka dapat terhindar dari masalah stunting,” ungkapnya.(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak