Gelar Pelantikan Pamagar, Cutra Andika Siregar SH, MH, Dilantik Secara Resmi Ketua Umum Pamagar


Bagan Sinembah-Ameranews.com, Gelar pelantikan Parsadaan Marga Siregar (PAMAGAR) Cutra Andika siregar SH, MH, di lantik dengan secara resmi menjadi ketua umum Pamagar di wilayah Kabupaten Rokan hilir Provinsi Riau 12/okt/2023 priode 2023-2028.acara langsung di gelar di hotel suzuya bagan batu. 

Sebelum nya parsadaan marga siregar telah melakukan pertemuan secara musyawarah beberapa kali, sehingga dalam hal tersebut mengambil sikap untuk melanjutkan pembahasan secara lebih serius dan mengadakan musyarawarah besar (MUBES) di hotel Deli ujung tanjung 15/juli/2023, dengan hasil tersebut telah mengangkat tujuh majelis tinggi yang di sepakati bersama yang di hadiri marga siregar, boru, bere yang menghadiri acara tersebut sekitar  ± 100 orang pada waktu lalu. 

Dalam hal itu sehingga pamagar optimis untuk dapat di lantik pada hari Kamis  (12/10/2023) . 

acara berlangsung dimulai dengan menggaungkan yel yel pamagar, setia, amanah, bahagia, dan melanjutkan nyanyi kebangsaan Indonesia Raya, dan pembacaan ayat suci Al-quran oleh ustad Ahamad Bukhori siregar, SH. Dan menampilkan acara tarian adat Melayu dan TOR TOR somba  dari adat Tapanuli Selatan . Dengan kekayan adat dan budaya ini menjadi ke aripan lokal dan dapat di perkaya oleh kaum sesama dengan penting nya melestarikan sebagai kebanggaan di tiap tiap daerah. 

Dalam sesi acara tongku soaduon Ritonga selaku kabid humas dan politik pamagar menyampaikan kepada awak media AMERANEWS COM,bahwa Cutra Andika siregar SH, MH, di lantik oleh ketua Majelis Tinggi H sopian Efendi siregar SE,dan didampingi beberapa para wakil ketua mejelis tinggi dan menyerah kan berdera Pataka yang berlambang tugu adat Batak dan bertulisan pamagar dan disertai oleh boru dan bere, dan pemasangan topi bulang di Terima oleh Cutra Andika siregar SH, MH selaku ketua umum,dan didampingi Bripka  fuat kadir musni Ritonga, SH, MH, selaku sekretaris umum,Rezha Fahlevi siregar,SH,MH,selaku bendahara umum di hadapan para pengurus kabupaten, pengawas, penasehat, dan para bidang bidang lain nya. 

Acara pelantikan tersebut turut di hadiri wakil presiden  DPP, SH, M, Hum, parasadaan siregar, anggota DPRD provinsi Riau H. Ali Rahmat Harahap, SE, tokoh masyarakat asal kabupaten Rokan hilir H bistamam ,wakil ketua DPRD kabupaten rokan hilir,Hamzah SH, I, MM, Dandim 0321 rohil, melalui Danramil 03,bagan sinembah Kapten Manutur Manurung dan juga sekaligus di dalam adat Batak di sebut selaku  boru. Kapolsek bagan Sinembah kompol jhon Firdaus, Amk, melalui wakapolsek AKP syap yandra, SH, sekaligus sebagai boru,camat bagan sinemabah melalui perwakilan, ketua paguyupan organisasi kemasyarakatan, parsadaan PAHADOBB, para tokoh adat suku Banjar, Melayu, dan juga organisasi pemuda pancasila, dan di meriahkan oleh parsadaan marga siregar, boru, bere, kabupaten Rokan hili. 

Paskah pelantikan Cutra Andika siregar, SH, MH, selaku ketua umun pamagar langsung sekaligus melantik 12 ketua pamagar di tingkat kecamatan. 

1.M.adilan Ritonga, selaku ketua kec, balai jaya. 

2.Aldo siregar, selaku ketua bagan Sinembah raya, 

3.Paingot Ependi siregar, Amk, kec bagan Sinembah. 

4.Rojab siregar ,SE kec, bangko. 

5.Abdi siregar kec tanjung medan, 

6.Erwin syahputra kec,bangko pusako, 

7.Ismail togu siregar kec, rimaba melintang, 

8.Edwin fredy syahriza siregar , S. Pd. Kec, pujud. 

9.Abdul Halim siregar, kec simpang Kanan. 

10.Dermi aswati siregar, kec, tanah putih tanjung melawan. 

11.Adam sovyan siregar, S. Hut.

12.para calon pengurus dapat menghadiri acara pelantikan, dari kecamatan pekaitan. 

Cutra  Andika siregar,SH, MH, dalam sambutan nya berterimakasih banyak pada mejelis tinggi karena sudah memberikan amanah untuk menjalalan kan tugas dan tanggung jawab di pamagar kabupaten Rokan hilir,"tutur nya. 

Lanjut cutra Andika siregar menjelaskan, bahwa pamagar juga mempunyai visi dan misi, sebagai mama yang sudah di musyarawah kan sebelum nya dari sejak awal, seperti untuk mengembangkan adat dan budaya, suku batak tapsel /Angkola ,perekonomian yang akan mendirikan koperasi, kepentingan sosial, dan ke agamaan, dan juga mendapat perlindungan hukum buat parsadaan pamagar. Dan cutara Andika siregar menambahkan bahwa bagan Sinembah ini juga merupakan salah satu tempat sejarah dari salah satu oppung kita (kakek)yang membuka kampung di bagan Sinembah di bumi Melayu ini  yang bernama JA Sinombahsinombah siregar. 

Dan nama ini sering di sebut di dalam acara, dan Cutra Andika juga tidak lupa mengucapakan terimaksih  pada TIM panitia, kepada budi bonatua siregar, S. Hut,selaku ketua panitia,kalna surya, SH, selaku wakil, Nikmat arianto, SH, selaku sekretaris,dan bendahara panitia penyelenggara. 

Beserta dengan seluruh jajaran parasadaan,dan pemangku kepentingan yang juga telah turut membantu baik tenaga, materi, dan pikiran yang sudah menyempat kan waktu nya, sampai dengan sukses alhamdulilh acara kita dapat terlaksana, "tutup nya. 

Tongku Soaduon Ritonga juga menjelas kan selaku humas pamagar kepada awal media, bahwa pidato yang di haturkan oleh Cutra Andika siregar SH, MH selaku ketua umum pamgar bahwa JA sinombah siregar itu benar benar sebagai kakek, dalam nama huruf (JA)tersebut secara otentik di kenal yang di sandang oleh suku batak tapsel /Angkola selain dari pada JA, RAJA, MAGARAJA, TONGKU, BAGINDA, SUTAN, MARASUTAN, Dan PATUAN. nama ini di struktur kan di dalam kerajaan adat batak tapsel /Angkola.sejak jaman dahulu kala, tiada ubah nya seperti di Kerajaan lain nya mempunyai gelar baik Melayu,aceh,Jawa,dan suku lain nya. 

Dalam kesempatan yang sama, sebelum nya H, sofian Efendi siregar, SE, menyampaikan mengajak buat para kahanggi, boru dan bere agar dapat kira nya bergabung di dalam parsadaan ini, dan bagi yang sudah bergabung agar mana kira nya dapat saling menjaga dan memelihara parasadaan ini dengan baik, tetap di ikrar kan bahwa pamagar itu adalah setia, amanah, bahagia, "tutup nya. 

Buat para tamu undangan, para mejelis tinggi telah memberikan ulos Batak sebagai bentuk kehormatan atau pun sebagai cendra mata. 

Dalam acara pelantikan tersebut Bupati  Afrizal Sintong SIP,M,si.tidak dapat menghadiri atau yang mewakili, mungkin ada agenda lain sehingga tidak dapat hadir. Kendati begitu,walaupun tanpa kehadiran bupati acara pelantikan tersebut berjalan dengan lancar dan meriah sehingga memadati ruangan hotel suzuya jumlah yang hadir sekitar 1000,orang berdasarkan dengan absensi kehadiran sehingga memadati ruangan di dalam sebanyak 300  orang sebahagian diluar sekitar 700 orang di tempat acara di gelar, acara  dapat berjalan dengan sukses aman dan tertib.hal ini di sampaikan oleh tongku soaduon ritonga selaku humas pamagar.(Yolanda Rachelina )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak