Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Gelar Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Pesikaian Kuansing


Kuansing -Ameranews.com, Mahasiswa KKN UIN Suska Riau menggelar kegiatan peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1445 Hijriah di Desa Pesikain, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).Rabu (19/07/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan di Masjid At Taqwa, dan terlihat masyarakat sangat antusias mengikutinya, serta disemarakkan juga dengan berbagai lomba seperti lomba azan, tahfidzh surat Al-baqarah dan sholawat.“Acara peringatan tahun baru islam ini, pertama kali dilakukan oleh mahasiswa KKN 2023 di Desa Pesikaian. Lalu, diikuti pula oleh jajaran perangkat Desa, Kepala Desa dan seluruh lapisan masyarakat. Acara pada malam ini adalah inisiatif adik-adik KKN UIN Suska Riau,” ungkap kordes Anwar.

Dijelaskan Anwar, acara ini dibuka oleh perangkat Desa yakni Kasi Pemerintahan Bapak Andipa, karena Kepala Desa Pesikaian berhalangan hadir.

Andipa dalam sambutannya, mengatakan semoga dengan tidak hadirnya Kepala Desa Pesikaian tidak mengurangi semangat adik – adik KKN membuat kegiatan dan acara positif di Masjid At-Taqwa.

“1 Muharram ini sebagai tahun baru Islam, yang mana mari kita gunakan usia yang masih tersisa ini untuk berbuat baik agar mendapatkan berkah. Hari ini harus lebih baik dari kemarin,” ujar Andipa.Sementara, Ketua Masjid At-Taqwa Jenrizal menuturkan, bahwa dirinya sangat bersyukur dengan dilaksanakannya peringatan tahun baru islam dan perlombaan oleh mahasiswa KKN UIN Suska Riau.

Disebutnya, sebenarnya acara peringatan tahun baru islam ini, sudah lama tidak dilakukan di mesjid At Taqwa ini. Kami sangat berterima kasih, semoga acara ini lancar dari awal sampai akhir nantinyaPutra Rahmad Ilahi selaku Kabid Keagamaan mengungkapkan masyarakat disini dari segala kalangan membaur. Kegiatan keagamaan seperti tahlilan, pengajian dan sebagainya, menjadi mediator utama berkumpulnya segala kalangan masyarakat. Sehingga agama menjadi pegangan utama, dan menjadi alat pelekat masyarakat.

“Semoga saja dengan acara yang kami selenggarakan ini, bisa meningkatkan dan menguatkan lagi semangat masyarakat disini terutama di Desa Pesikaian,” harapnya.Adapun juri dalam perlombaan anak-anak yaitu Rusliandi S, Pd dan Hermis. Untuk penilaiannya yang dinilai dari lomba yakni kepasihan dan irama,"ujarnya.*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak